Breaking News
Loading...
21 November 2011

Konfigurasi Router Mikrotik Sebagai Gateway Internet menggunakan VirtualBox

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara setting Mikrotik pada VirtualBOX untuk dijadikan server Gateway. Gateway sendiri berarti suatu gerbang dimana IP Address local yang terdapat di jaringan dapat diteruskan menuju IP Address Public menuju Internet. Berikut ini merupakan tahap-tahap yang harus dipersiapkan dalam installasi mikrotik sebagai gateway internet.
  1. Install VirtualBox pada komputer, apabila kalian belum memilikinya, anda bias download melalui link berikut http://www.virtualbox.org/wiki/Downloads
  2. Siapkan file *.ISO mikrotik yang akan digunakan, untuk file *ISO mikrotik anda bisa download melalui link berikut http://www.mikrotik.co.id/getfile.php?nf=mikrotik-5.7.iso
  3. Setelah semua kebutuhan diatas selesai.. mari kita keproses installasi mikrotik pada VirtualBox.
Proses Installasi Mikrotik melalui VirtualBox
  1. Jalankan program VirtualBox yang telah anda install, Setelah program terbuka klik NEW untuk membuat Sistem Operasi Virtual di program VirtualBox. Berikut Gambarnya :
1
  1. Setelah Selesai dibuat maka hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :
2
  1. Selanjutnya kita masuk pada tahap installasi mikrotik. Klik Mikrotik yang tadi anda buat, lalu klik Settings, maka akan terbuka jendela Mikrotik-Settings seperti berikut ini :
3
Selanjutnya pilih Storage-CD/DVD drive disk file untuk memasukan file *.ISO mikrotik yang telah anda download sebelumnya. Berikut gambarnya :
4
  1. Setelah file *.ISO mikrotik dimasukan, klik OK. Langkah selanjutnya adalah memulai proses installasi dengan cara klik Start pada menu VirtualBox.
5
Disini saya masukan semua paket yang ada untuk proses installasi. Setelah paket semua dipilih tekan i untuk melanjutkan proses installasi. Pada proses ini akan dilakukan pembuatan partisi dan format hardisk lalu diteruskan proses install paket yang tadi anda pilih.
6
Setelah selesai maka system akan meminta restart, sebelum anda restart ulang mikrotik. Sebaiknya file *.ISO yang ada di CD/DVD drive terlebih dahulu di remove. Berikut gambarnya :
7
Tujuannya supaya ketika proses boot ulang tidak akan melakukan proses installasi lagi. Melainkan langsung masuk ke sistem mikrotik yang sudah d install tadi.
  1. Berikut tampilan utama login di mikrotik, masukan user : admin dan password kosongkan tekan enter sampai muncul tampilan seperti ini :
8
  1. Ok.. Tahap installasi sudah selesai.
Setting Router Mikrotik Sebagai Gateway Pada VirtualBox
Pertama-tama saya akan menerangkan mengenai network yang saya gunakan dalam setting gateway ini. Saya mempunyai laptop dengan akses internet dengan IP Address 172.16.0.185/22 Gateway 172.16.2.8 IP Address ini yang akan digunakan oleh mikrotik pada ether1. Sedangkan IP Laptop akan saya ganti dengan IP Address 172.16.0.133/22 tujuannya supaya tetap satu network dengan alamat gateway internetnya.
Sebelum melakukan proses konfigurasi pada router mikrotik. Ganti IP Address laptop sebagai berikut :
9
Setting IP Address Router Mikrotik
Berikut tahap dalam pembuatan IP Address di mikrotik pada ether1 Publik dan ether2 Lokal.
10
Alamat IP untuk ether1 digunakan untuk akses internet nantinya dan ether2 digunakan untuk akses pada komputer klien.
Setting Gateway Router Mikrotik
11
Jadi semua network pada Ethernet akan melalui gateway 172.16.2.8 untuk akses ke public.
Setting Nat Router Mikrotik
12
Tahap ini dibuat untuk meneruskan paket dari IP local ke public. Fungsi MASQUERADE diaktifkan, juga satu buah rule REDIRECTING untuk membelokkan traffic HTTP menuju ke WEB-PROXY.
Setting DNS Router Mikrotik
13
Fungsi DNS menerjemahkan nama Domain menjadi deretan angka IP/sebaliknya. Disini saya berikan alamat IP untuk DNS server google yaitu 8.8.8.8
Setting Network Adapter VirtualBox
Klik kanan Network Adapter berada di bawah sebelah kiri. Maka akan terbuaka menu Mikrotik-Setting, pilih Network. Pada Adapter 1 kita set di Attached to Bridged Adapter, dan Adapter 2 kita set di Attached to Internal Network. Berikut gambarnya :
14
15

Tujuan Adapter 1 dijadikan Bridge , supaya IP Ether1 di router mikrotik dapat terhubung dengan network Ethernet pada laptop. Sedangkan tujuan Adapter 2 dijadikan Internal Network, supaya klien yang berada di virtualbox dapat saling terkoneksi melalui Ether2.
Tes Koneksi Router Mikrotik
Setelah konfigurasi di atas selesai dibuat, coba anda lakukan proses ping ke IP Gateway. Apabila proses ping seperti gambar dibawah ini, berarti proses berhasil.
16
Sekarang coba kita tes koneksi internet, sebagai contoh kita ping google.com apabila proses ping seperti gambar dibawah ini, berarti proses berhasil.
17
Setting Klien Router Mikrotik
Sebagai contoh saya akan menggunakan Windows7 yang telah terinstal dalam VirtualBox untuk dijadikan klien Router Mikrotik. Pertama jalankan Windows7. Kembali ke tab VirtualBox, pilih Windows7 lalu klik Show, berikut gambarnya :
18
Setelah proses boot Windows7 selesai, setting Alamat IP menuju gateway pada Ether2 Router Mikrotik. Berikut Gambarnya :
19
Setelah pemberian Alamat IP selesai, tes koneksi klien ke Router Mikrotik dengan cara ping Alamat IP Ether2 Router mikrotik. Bila hasilnya seperti gambar dibawah ini maka proses konfigurasi Router Mikrotik sebagai gateway berhasil :P
20
Sekian Tutorial Konfigurasi Router mikrotik sebagai gateway dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat buat kita semua. Wasalam…

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer