Saya terbiasa membagi 2 line speedy tersebut menjadi :
1 Line Speedy untuk Game Online (1 Mbps Lebih dari cukup untuk melayani s/d 20 User)
1 Line Speedy Browsing Web (2 Mbps Cukup untuk melayani s/d 20 user)
Alasannya klasik..koneksi game biasanya kecil namun konstan,, sedangkan koneksi web kebanyakan besar dan variatif dan jumlah jalur koneksi (port) yang dipakai jauh lebih banyak dibandingkan game.Bila Dua2nya di gabung == game lag,, bila dua2nya dipisahkan==everybody happy ^^.
kebanyakan setting yang saya pakai merupakan hasil modifikasi dari manual mikrotik..
[ebo@TJ-NET] /interface> printSetting Interface :
Flags: D – dynamic, X – disabled, R – running, S – slave
# NAME TYPE MTU L2MTU
0 eth1 ether 1500 1526
1 R eth4-WEB ether 1500 1522
2 R eth2.LAN ether 1500 1522
3 R eth3-GAME ether 1500 1522
4 ether-5 ether 1500 1522
eth3 == Speedy 1 untuk GAME
eth4 == Speedy 2 untuk WEB BROWSING
eth2 == Lokal LAN
[ebo@TJ-NET] /ip firewall nat> prGak ada Masquerede, gak da yang bisa konek internet hehe,, tapi saya tidak memasang out-interface=public, karena seringkali bertabrakan dengan mangle yang saya buat,,dan tidak semua mangle tercover di queue nya…
Flags: X – disabled, I – invalid, D – dynamic
0 chain=srcnat action=masquerade src-address=192.168.0.0/16
[ebo@TJ-NET] /ip firewall mangle> prMangle nya terbagi 2 dan 2,, 2 Up untuk 2 address list/tujuan yang berbeda,, dan 2 Down untuk 2 address list/tujuan yang berbeda juga.
Flags: X – disabled, I – invalid, D – dynamic
0 ;;; UP (Facebook/GAME)
chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=up-game
passthrough=no src-address=192.168.0.0/16 dst-address-list=GAME
in-interface=eth2.LAN
1 ;;; UP-PAKET
chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=up-web
passthrough=no src-address=192.168.0.0/16 dst-address-list=!GAME
in-interface=eth2.LAN packet-mark=!up-game
2 ;;; DOWN-CONN/M (GAME)
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Down-Game-Conn
passthrough=yes src-address=192.168.0.0/16 dst-address-list=GAME
3 ;;; Direct-Down (GAME)
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=down-game
passthrough=no connection-mark=Down-Game-Conn
4 ;;; DOWN-CONN/M
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Down-Conn
passthrough=yes src-address=192.168.0.0/16 dst-address-list=!GAME
packet-mark=!down-game connection-mark=!Down-Game-Conn
5 ;;; Direct-Down
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=down-web
passthrough=no connection-mark=Down-Conn
Pada address-list kita masukkan daftar ip game yang nantinya akan kita routing ke modem 1 game.
[ebo@TJ-NET] /ip firewall address-list> prSebagian IP DNS juga saya masukkan ke address-list untuk Game,, ini buat jaga2 seandainya modem WEB mati maka request DNS bisa di alihkan ke Modem Game.
Flags: X – disabled, D – dynamic
# LIST ADDRESS
0 ;;; RAGANAROK
GAME 202.43.0.0/16
1 ;;; POINT BLANK
GAME 203.89.0.0/16
2 ;;; RF
GAME 202.93.0.0/16
3 ;;; AYODANCE
GAME 122.102.0.0/16
4 GAME 74.114.0.0/16
5 GAME 74.201.0.0/16
6 GAME 203.130.209.242
7 GAME 8.8.8.8
Pada Queue saya gunakan sistem tree dengan type pcq :
[ebo@TJ-NET] /queue tree> prUntuk memberikan boosting buat paket2 game, saya berikan priority 1, max limit sengaja saya turunkan dari jatah speedy karena koneksi real tentu saja tidak pernah 100% mencapai jatah yang diberikan oleh speedy.
Flags: X – disabled, I – invalid
0 name=”Web-Down” parent=eth2.LAN packet-mark=down-web limit-at=64k
queue=pcq-down priority=8 max-limit=1800k burst-limit=0
burst-threshold=0 burst-time=0s
1 name=”Web-Up” parent=global-in packet-mark=up-web limit-at=8k queue=pcq-up
priority=8 max-limit=512k burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
2 name=”Game-Down” parent=eth2.LAN packet-mark=down-game limit-at=64k
queue=game-down-pcq priority=8 max-limit=900k burst-limit=0
burst-threshold=0 burst-time=0s
3 name=”Game-Up” parent=global-in packet-mark=up-game limit-at=8k
queue=game-up-pcq priority=8 max-limit=256k burst-limit=0
burst-threshold=0 burst-time=0s
[ebo@TJ-NET] /queue type> printqueue type default tidak saya pakai dan sengaja saya hapus dari postingan,, queue type dengan nama ethx (1-5) saya set untuk interface queue dan terlihat seperti ini :
0 name=”default” kind=pfifo pfifo-limit=100
5 name=”pcq-up” kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=src-address
pcq-total-limit=2000
6 name=”game-up-pcq” kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50
pcq-classifier=src-address pcq-total-limit=2000
7 name=”game-down-pcq” kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50
pcq-classifier=dst-address pcq-total-limit=2000
8 name=”pcq-down” kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=dst-address
pcq-total-limit=2000
9 name=”eth1″ kind=pfifo pfifo-limit=200
10 name=”eth2″ kind=pfifo pfifo-limit=200
11 name=”eth3″ kind=pfifo pfifo-limit=200
12 name=”eth4″ kind=pfifo pfifo-limit=200
13 name=”eth5″ kind=pfifo pfifo-limit=200
[ebo@TJ-NET] /queue interface> printSekarang kita set routingnya.. biar bisa terpisah antara game dengan web. kita berikan default route untuk ip2 tertentu dengan menggunakan distance sebagai pemisah jalur. Menurut saia lebih mudah dibanding menggunakan pemisah berdasarkan routing mark yang kadang2 malah gak jalan sama sekali (salah set ??).
Flags: D – dynamic
# INTERFACE QUEUE
0 eth1 eth1
1 eth4-WEB eth4
2 eth2.LAN eth2
3 eth3-GAME eth3
4 ether-5 eth5
[ebo@TJ-NET] /ip route> printDemikian Set Mikrotik menggunakan 2 line speedy mengunakan system pcq-queue dan pemisah antara jalur koneksi web dan game menggunakan route distance.
Flags: X – disabled, A – active, D – dynamic, C – connect, S – static, r – rip, b – bgp, o – ospf, m – mme,
B – blackhole, U – unreachable, P – prohibit
# DST-ADDRESS PREF-SRC GATEWAY-STATE GATEWAY DISTANCE INTERFACE
0 A S 0.0.0.0/0 reachable 192.168.254.1 10 eth4-WEB
1 A S ;;; Poker
74.114.0.0/16 reachable 192.168.253.1 1 eth3-GAME
2 A S ;;; Poker
74.201.0.0/16 reachable 192.168.253.1 1 eth3-GAME
3 A S ;;; Ayodance
122.102.0.0/16 reachable 192.168.253.1 1 eth3-GAME
4 ADC 192.168.0.0/24 192.168.0.1 0 eth2.LAN
22 ADC 192.168.253.0/24 192.168.253.2 0 eth3-GAME
23 ADC 192.168.254.0/24 192.168.254.2 0 eth4-WEB
24 A S ;;; Ragnarok
202.43.0.0/16 reachable 192.168.253.1 1 eth3-GAME
25 A S ;;; RF/LYTO
202.93.0.0/16 reachable 192.168.253.1 1 eth3-GAME
26 A S ;;; Point Blank
203.89.0.0/16 reachable 192.168.253.1 2 eth3-GAME
27 A S ;;; Point Blank Update
203.89.146.99/32 reachable 192.168.254.1 1 eth4-WEB
28 A S ;;; DNS
203.130.196.5/32 reachable 192.168.253.1 1 eth3-GAME
0 komentar: