Breaking News
Loading...
25 November 2011

Mikrotik untuk 2 Line Speedy – pendekatan yang berbeda

Mikrotik dengan 2 line speedy seringkali membingungkan..karena ada banyak pilihan yang bisa kita implementasikan. Namun  set yang disesuaikan dengan kondisi warnet dan perlakuan user terhadap internet itu sendiri mungkin harus jadi pertimbangan utama…
Saya terbiasa membagi 2 line speedy tersebut menjadi :
1 Line Speedy untuk Game Online (1 Mbps Lebih dari cukup untuk melayani s/d 20 User)
1 Line Speedy Browsing Web (2 Mbps Cukup untuk melayani s/d 20 user)
Alasannya klasik..koneksi game biasanya kecil namun konstan,, sedangkan koneksi web kebanyakan besar dan variatif dan jumlah jalur koneksi (port) yang dipakai jauh lebih banyak dibandingkan game.Bila Dua2nya di gabung == game lag,, bila dua2nya dipisahkan==everybody happy ^^.
kebanyakan setting yang saya pakai merupakan hasil modifikasi dari manual mikrotik..
[ebo@TJ-NET] /interface> print
Flags: D – dynamic, X – disabled, R – running, S – slave
#     NAME                                        TYPE             MTU   L2MTU
0     eth1                                            ether            1500  1526
1  R  eth4-WEB                                ether            1500  1522
2  R  eth2.LAN                                ether            1500  1522
3  R  eth3-GAME                            ether            1500  1522
4     ether-5                                       ether            1500  1522
Setting Interface :
eth3 == Speedy 1 untuk GAME
eth4 == Speedy 2 untuk WEB BROWSING
eth2 == Lokal LAN
[ebo@TJ-NET] /ip firewall nat> pr
Flags: X – disabled, I – invalid, D – dynamic
0   chain=srcnat action=masquerade src-address=192.168.0.0/16
Gak ada Masquerede, gak da yang bisa konek internet hehe,, tapi saya tidak memasang out-interface=public, karena seringkali bertabrakan dengan mangle yang saya buat,,dan tidak semua mangle tercover di queue nya…
[ebo@TJ-NET] /ip firewall mangle> pr
Flags: X – disabled, I – invalid, D – dynamic
0   ;;; UP (Facebook/GAME)
chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=up-game
passthrough=no src-address=192.168.0.0/16 dst-address-list=GAME
in-interface=eth2.LAN
1   ;;; UP-PAKET
chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=up-web
passthrough=no src-address=192.168.0.0/16 dst-address-list=!GAME
in-interface=eth2.LAN packet-mark=!up-game
2   ;;; DOWN-CONN/M (GAME)
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Down-Game-Conn
passthrough=yes src-address=192.168.0.0/16 dst-address-list=GAME
3   ;;; Direct-Down (GAME)
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=down-game
passthrough=no connection-mark=Down-Game-Conn
4   ;;; DOWN-CONN/M
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Down-Conn
passthrough=yes src-address=192.168.0.0/16 dst-address-list=!GAME
packet-mark=!down-game connection-mark=!Down-Game-Conn
5   ;;; Direct-Down
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=down-web
passthrough=no connection-mark=Down-Conn
Mangle nya terbagi 2 dan 2,, 2 Up untuk 2 address list/tujuan yang berbeda,, dan 2 Down untuk 2 address list/tujuan yang berbeda juga.
Pada address-list kita masukkan daftar ip game yang nantinya akan kita routing ke modem 1 game.
[ebo@TJ-NET] /ip firewall address-list> pr
Flags: X – disabled, D – dynamic
#   LIST                                                                            ADDRESS
0   ;;; RAGANAROK
GAME                                                                        202.43.0.0/16
1   ;;; POINT BLANK
GAME                                                                        203.89.0.0/16
2   ;;; RF
GAME                                                                        202.93.0.0/16
3   ;;; AYODANCE
GAME                                                                        122.102.0.0/16
4   GAME                                                                    74.114.0.0/16
5   GAME                                                                    74.201.0.0/16
6   GAME                                                                 203.130.209.242
7   GAME                                                                        8.8.8.8
Sebagian IP DNS juga saya masukkan ke address-list untuk Game,, ini buat jaga2 seandainya modem WEB mati maka request DNS bisa di alihkan ke Modem Game.
Pada Queue saya gunakan sistem tree dengan type pcq :
[ebo@TJ-NET] /queue tree> pr
Flags: X – disabled, I – invalid
0   name=”Web-Down” parent=eth2.LAN packet-mark=down-web limit-at=64k
queue=pcq-down priority=8 max-limit=1800k burst-limit=0
burst-threshold=0 burst-time=0s
1   name=”Web-Up” parent=global-in packet-mark=up-web limit-at=8k queue=pcq-up
priority=8 max-limit=512k burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
2   name=”Game-Down” parent=eth2.LAN packet-mark=down-game limit-at=64k
queue=game-down-pcq priority=8 max-limit=900k burst-limit=0
burst-threshold=0 burst-time=0s
3   name=”Game-Up” parent=global-in packet-mark=up-game limit-at=8k
queue=game-up-pcq priority=8 max-limit=256k burst-limit=0
burst-threshold=0 burst-time=0s
Untuk memberikan boosting buat paket2 game, saya berikan priority 1, max limit sengaja saya turunkan dari jatah speedy karena koneksi real tentu saja tidak pernah 100% mencapai jatah yang diberikan oleh speedy.
[ebo@TJ-NET] /queue type> print
0 name=”default” kind=pfifo pfifo-limit=100
5 name=”pcq-up” kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=src-address
pcq-total-limit=2000
6 name=”game-up-pcq” kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50
pcq-classifier=src-address pcq-total-limit=2000
7 name=”game-down-pcq” kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50
pcq-classifier=dst-address pcq-total-limit=2000
8 name=”pcq-down” kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=dst-address
pcq-total-limit=2000
9 name=”eth1″ kind=pfifo pfifo-limit=200
10 name=”eth2″ kind=pfifo pfifo-limit=200
11 name=”eth3″ kind=pfifo pfifo-limit=200
12 name=”eth4″ kind=pfifo pfifo-limit=200
13 name=”eth5″ kind=pfifo pfifo-limit=200
queue type default tidak saya pakai dan sengaja saya hapus dari postingan,, queue type dengan nama ethx (1-5) saya set untuk interface queue dan terlihat seperti ini :
[ebo@TJ-NET] /queue interface> print
Flags: D – dynamic
#   INTERFACE                               QUEUE
0   eth1                                                  eth1
1   eth4-WEB                                       eth4
2   eth2.LAN                                       eth2
3   eth3-GAME                                   eth3
4   ether-5                                            eth5
Sekarang kita set routingnya.. biar bisa terpisah antara game dengan web. kita berikan default route untuk ip2 tertentu dengan menggunakan distance sebagai pemisah jalur. Menurut saia lebih mudah dibanding menggunakan pemisah berdasarkan routing mark yang kadang2 malah gak jalan sama sekali (salah set ??).
[ebo@TJ-NET] /ip route> print
Flags: X – disabled, A – active, D – dynamic, C – connect, S – static, r – rip, b – bgp, o – ospf, m – mme,
B – blackhole, U – unreachable, P – prohibit
#      DST-ADDRESS                       PREF-SRC        GATEWAY-STATE GATEWAY               DISTANCE INTERFACE
0 A S  0.0.0.0/0                            reachable             192.168.254.1                                                          10       eth4-WEB
1 A S  ;;; Poker
74.114.0.0/16                                reachable             192.168.253.1                                                             1        eth3-GAME
2 A S  ;;; Poker
74.201.0.0/16                               reachable              192.168.253.1                                                             1        eth3-GAME
3 A S  ;;; Ayodance
122.102.0.0/16                              reachable              192.168.253.1                                                            1        eth3-GAME
4 ADC  192.168.0.0/24                                                  192.168.0.1                                                                0        eth2.LAN
22 ADC  192.168.253.0/24                                          192.168.253.2                                                           0        eth3-GAME
23 ADC  192.168.254.0/24                                          192.168.254.2                                                           0        eth4-WEB
24 A S  ;;; Ragnarok
202.43.0.0/16                                reachable              192.168.253.1                                                            1        eth3-GAME
25 A S  ;;; RF/LYTO
202.93.0.0/16                                reachable              192.168.253.1                                                            1        eth3-GAME
26 A S  ;;; Point Blank
203.89.0.0/16                                reachable               192.168.253.1                                                           2        eth3-GAME
27 A S  ;;; Point Blank Update
203.89.146.99/32                         reachable               192.168.254.1                                                            1        eth4-WEB
28 A S  ;;; DNS
203.130.196.5/32                        reachable                 192.168.253.1                                                           1        eth3-GAME
Demikian Set Mikrotik menggunakan 2 line speedy mengunakan system pcq-queue dan pemisah antara jalur koneksi web dan game menggunakan route distance.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer