05 February 2012

Web Proxy External pada Mikrotik RB750 dan Cara Pemasangan nya

Mikrotik Pertama saya yang saya beli licence nya sekalian barang nya adalah Mikrotik Rb 750 v4.11. Sangat jauh berbeda jika kita memakai versi berbayar dengan versi yang Gratis. Dari segi fasilitas dan kemampuan nya Mikrotik Rb 750 berlicensi kelihatan sekali, hasil yang di dapat juga beda jauh dengan Mikrotik versi Crack atau Mikrotik abal abal.
Pada mesin Mikrotik saya yang saya beli berupa RB 750 atau Router Board yang tentu saja tanpa Hardisk dan Pc.
Web Proxy External, mikrotik rb, rb 750
Saya berpikir dengan kemampuan routing yang sangat handal dan performa Bandwith  Limiter bagus sayang sekali saya tidak bisa ( berani ) menambah fitus Web Proxy External karena dengan tidak ada nya Hardisk dan Ram sebagai media penyimpanan yang cukup  di mesin Mikrotik saya tersebut.
maka terlintas dibenak saya untuk menambah sebuah Pc ber Hardisk dan Ram mumpuni untuk urusi masalah Web Proxy External sedangkan  urusan routing dan manajement bandwith di tangani oleh Rb 750 .
Maka dari itu saya siapkan sebuah Pc jadul dari mas Bayu, mas Ipar saya yang sudah tidak memakainya dikarenakan tugas ke kupang
Dua buah NIC atau Network Adapter
Pada Pc p4 tersebut saya pasang 2 buah Network Adapter untuk saya instal system operasi IPCOP sebagai System Web Proxy External di system jaringan Mikrotik saya.
Cara Instal Komputer dengan Instalasi IPCOP sebagai system nya bisa baca disini
Untuk seting pada Mikrotik saya googling dan mencari di Web Proxy External Forum Indonesia dan menemukan setingan untuk External Web Proxy  oleh postingan mas  adeldian
Setingan Mikrotik yang saya pakai berdasar petunjuk dari mas adeldian bisa di baca di sini
***update*****

pada mesin ipcop ternyata bisa di inplementasikan dengan sistem pengaturan timer dari setiap file yang hendak di load di browser mark tiap extensi file timer delete cache per file dan setingan pengaman dari ipcop supaya semisal hangg setingan pada mikrotik akan mem disable proxy dan membunyikan alrams
mengenai cara penginstalan nya bisa dicek disini
Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment:

  1. Create account SSH in website here. Proxy squid for ssh server is port 8080

    ReplyDelete