15 June 2012

Block Site, Stop Download, & Pengaturan Jam Akses dengan Mikrotik™ Via Winbox

Ok..selamat datang di blog saya. Terima kasih telah meluangkan waktu di blog kusut dan tak terawat ini. Perkenankan saya menyampaikan sedikit ilmu yang saya pelajari.
Disini saya akan menjelaskan tentang bagaimana melakukan block website, kemudian menghentikan user yang download. Dan terakhir tentang pengaturan Jam akses untuk web tertentu semisal facebook di jam kerja. Anda tinggal menyesuaikan saja nantinya dengan kondisi network Anda.
Mas…Mas..Mas yang di pojok..tolong perhatikan mas..dari tadi saya liat ribut mulu. Kalo ngupil jangan pake obeng mas..kasian obengnya..
Oke lanjut..pertama adalah melakukan block website menggunakan proxy. Untuk cara setting sudah pernah saya bahas di halaman ini . Baca dulu mas..jangan banyak nanya..makanya kalo ada pelajaran perhatiin dong.
Setelah Anda melakukan setting proxy seperti artikel yang saya bahas sebelumnya Anda bisa melakukan block website melalui menu Access.
  1. Buka menu IP –> Web Proxy –> Tab Access.
  2. Src. Address adalah sumber ip yang akan mengakses. Jika Anda ingin memblok user dengan ip 192.168.1.3 saja misalnya, Anda bisa isi Src. Address tersebut dengan IP 192.168.1.3 .
  3. Dst. Address adalah alamat yang dituju.
  4. Dst.Host isi dengan host yang dituju, bisa juga dengan menggunakan tanda *, misal *facebook*
  5. Dst.Port adalah tujuan port yang akan di akses. Jika Anda ingin memblok email, Anda bisa blok port SMTP di prot 25 misalnya. Atau FTP di port 21.
  6. Method adalah metode komunikasi yang dilakukan oleh browser.
  7. Action : Aksi yang akan ditempuh, di lewatkan atau di tolak.
  8. Redirect To : Membelokkan tujuan ke alamat tertentu, misal www.google.com
  9. Nah sekarang, Untuk menghentikan download berdasarkan extensi file tertentu :
  10. Path disini bisa ditentukan misal : *.exe , *.zip , *.rar , *.3gp
Heh…kenapa itu bilik 21 gerak-gerak…mas..mbak..pada ngapain disitu..WOOOII..keluar..
WOOH..kalian ini masih pelajar udah kayak gini…mau apa lo kalo udah gede ?? Kalian ini bukanya cari ilmu malah adu ilmu..
Sini Lo…yang cowok..sini…Lu udah bisa cari duit ?? Lo udah bisa ngidupin anak istri ?? JAWAAB ..
Kamu..yang cewek…kalo lu hamil trus cowok lu ga tanggung jawab lu bisa ngapain ..?? CUMAN NANGIS ??.. bunuh diri ?? atau malah bunuh bayi Lo??
Inget iklan di TIPI .. BUAT ANAK KOQ COBA – COBA
Kalo gue punya kuasa, cowok yang ga tanggung jawab udah gue iket di kursi, gue potong anunya, gue colok matanya, trus gue kulitin mukanya.  Terus gue biarin hidup selama mungkin.
Bang..bang tukang parkir…bang jualan bakso..pentungin aja nih anak..yang cewek biar ane amanin.. Ni bang pentungannya…linggis ga ada bang !!  Martil aja deh…
Ehm…maaf mas..tadi ada sedikit gangguan..sampai dimana tadi…Oiya..stop downloading. Sekarang Lanjut ke Tips berikutnya
Block Menggunakan Firewall Berdasarkan IP Address
Nah sekarang bagimana kalo block menggunakan Firewall. Ketika Anda menggunakan Firewall, Anda bisa menggunakan fitur Filter. Masuk ke IP — >Firewall –> Tab Filter. Contoh dibawah ini menge-block website dengan IP 74.125.235.18.

Daftar IP facebook :
69.63.189.16
69.63.181.11
69.63.181.12
69.63.189.11
69.63.176.13
69.63.181.15
69.63.184.142
69.63.187.17
69.63.187.18
69.63.187.19
Block Berdasarkan Content Menggunakan Firewall
Tadi kan berdasarkan IP, lalu bagaimana kalo berdasarkan konten seperti misalnya www.facebook.com ? Tidak masalah, ketika Anda membuat Filter Rule baru, masuk ke Tab Advanced, nah di situ ada opsi Content. Opsi tersebut bisa diisi dengan alamat web.

Langkah diatas adalah bagai mana cara untuk melakukan block menggunakan firewall. Untuk Pengaturan hak akses,  Anda tinggal mengeblock seperti langkah diatas, Namun Anda harus menambahkan parameter time untuk mengatur jam dimana rule tersebut active. Parameter Time bisa Anda tentukan di tab Extra.

Time : adalah waktu dimana rule block tersebut active, contoh diatas mulai dari jam 08:00 sampai jam 15:00. Dibawahnya ada parameter hari.
INGAT : Ketika Anda menggunakan Parameter TIME, Anda harus mensetting NTP Client agar jam di router sesuai dengan jam yang sesungguhnya. Ketika Jam tidak sesuai, tentu paramater time tidak bisa bekerja sempurna. Sorry agak arogan, lagi dapet..loooool  


sumber:  http://kurei.wordpress.com/2011/05/05/block-site-stop-download-pengaturan-jam-akses-dengan-mikrotik%E2%84%A2-via-winbox/
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: